Tauhid sebagai modal keberanian melawan penindasan.

Meng-Esa-kan Allah SWT merupakan nilai yang paling asasi dalam sejarah agama samawi. Di dalamnya telah terkandung sejak awal tentang keberadaan manusia, hal ini terkandung dalam surat Al-Ikhlas: 1-4, Al-Baqarah: 130-131. Allah adalah Esa dalam segala totalitas, dzat, sifat, dan perbuatan Allah. Keyakinan seperti itu merupakan keyakinan terhadap sesuatu yang lebih tinggi dari alam semesta, serta merupakan manifestasi dari keyakinan terhadap yang ghaib. Oleh karenaitu tauhid merupakan titik puncak yang melandasi, memandu, dan menjadi sasarankeimanan yang mencakup keyakinan dalam hati, penegasan lewat lisan, dan perwujudan lewat perbuatan. Kaum muda harus mampu melarutkan dan meneteskan nilai- nilai tauhid dalam berbagai gerakan progresif revolusioner.

Jika dalam analisa kehidupan secara global, penindasan begitu marak terjadi, bahkan terkadang penindasan begitu masif berkembang dan mewujud dalam segala bentuk, maka jika seseorang benar-benar mengamalkan ketauhidannya, kiranya ia tak akan takut untuk melalukan berbagai gerakan progresif revolusioner yang bertujuan menghancurkan segala bentuk penindasan dalam semua sektor kehidupan. Sebab pastilah dalam dirinya terteguhkan keyakinan bahwa tiada hal di dunia ini yang perlu di takutkan sebab ia percaya bahwa dzat yang paling kuasa di alam semesta ini adalah Allah SWT maka tidak ada hal apapun yang dapat melebihi kekuasaan Allah SWT.

Sebaliknya jika seseorang takut untuk melakukan/ikut serta dalam gerakan progresif revolusioner yang jelas bertujuan untuk menghancurkan penindasan dalam segala bentuknya maka secara aksiologis ia belum bertauhid dan wajib dipertanyakan ketauhidannya sebagai upaya penyadaran agar melepaskan ia dari belenggu ketakutan yang akan memperpanjang garis perbudakan dan penindasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s